Rabu, 08 Juli 2020

Bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah virus corona?





Di tengah maraknya virus corona, banyak orang lebih fokus  pada wabah  penyakit ini, padahal banyak kasus flu lainnya yang juga tidak dapat diabaikan. Penyebaran virus corona yang semakin pesat dan sudah masuk di wilayah indonesia telah menyebabkan banyak orang semakin panik. Sebagian orangpun mulai berbondong-bondong membeli produk untuk pencegahan penularan virus, seperti masker dan handsanitizer.

Padahl ada beberpaa cara untuk mencegah penularan virus corona, salah satunya adalah menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Akan tetapi, virus dan penyakit juga berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Sistem kekebalan rubuh yang lemah bisa membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus dan penyakit. 

Sistem kekebalan tubuh bisa rusak karena banyak hal, seperti stress, racun, kurang olahraga, dan konsumsi makanan tidak sehat. Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting terlebih jika untuk mencegah virus corona. Lalu, bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh? Yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya :

  1. Istirahat cukup : dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam dan remaja sekitar 9-10 jam
  2. Perbanyak makan sayur dan buah : kandungan vitamin dan mineral sayur dan buah memperkuat sistem imun tubuh.
  3. Suplementasi (yang mengandung echinacea, buah mengkudu, daun meniran, vitamin B6, vitamin C dan E) sebagai tambahan, tetapi bukan yang utama.
  4. Rutin berolahraga : dianjurkan 30 menit setiap hari. Olahraga yang murah dan mudah seperti berjalan kaki.
  5. Hindari stress : stress yang tidak terkendali dan berkepanjangan akan meningkatkan hormon kortisol. Dalam jangka panjang hormon kortisol yang bisa menurunkan kekebalan sistem imun.
  6. Hindari rokok dan alkohol : paparan asap rokok dan alkohon secara berlebihan dapat merusak sistem imun

Saat sistem imun dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, agar tubuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. 


Referensi :
- Tim PKRS RSST
- available on https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit


Iga Rahmah (C1G017085)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

perbedaan sakit kepala akibat migrain dengan covid19

  Jumlah kasus dan korban jiwa akibat virus corona terus bertambah di berbagai negara di dunia. Seiring perkembangan, gejala-gejala yang tam...